Categories
News

Ada Jamur Ajaib di Wahana The Miracle Jatim Park 3, Temukan di Kampung Alice in Wonderland!

Sebongkah jamur terlihat menyembul di tengah zona negeri dongeng. Jamur itu sangat besar namun tidak tumbuh di tanah. Beberapa orang yang singgah untuk foto-foto terlihat penasaran. Sangat wajar, sebab di dalam zona Magical Garden, The Miracle Jatim Park 3, tema cerita dongeng Alice in Wonderland memang sangat disukai.

Replika jamur payung di zona Magical Garden ternyata punya nama indah, yaitu Amanita muscaria, dan konon jamur inilah yang mempercantik negeri dongeng “Alice in Wonderland’. Namun ternyata jamur Amanita bukan sebatas replika jamur karangan penulis Lewiss Caroll saja. Di dunia nyata pun, jamur cantik Amanita muscaria bertumbuh subur.

Jamur Ajaib Wahana The Miracle

Berbagai replika tumbuhan maupun hewan unik di zona Magical Garden memang fantastis. Sebagai pengunjung wahana The Miracle di kawasan wisata Jatim Park 3, kita benar-benar dibuat penasaran. Bahkan replika jamur yang seperti boneka itupun sangat menarik.

Nah, kita mulai bercerita tentang jamur Amanita dalam cerita dongeng Alice in Wonderland. Seperti halnya tema ruangan Magical Garden yang jadi favorit pengunjung, terutama anak-anak.

Sekilas cerita, saat Alice memasuki gerbang negeri dongeng, dia berada di tengah jalan setapak yang dipenuhi jamur raksasa. Seekor ulat yang bisa berbicara duduk di atas salah satu jamur, sembari menghisap hookah.

Nah, fakta menarik yaitu jamur Amanita di benua Eropa ternyata jenis yang sangat beracun, meski bentuknya indah. Jamur ini memiliki warna bervariasi, mulai dari merah terang, jingga, kuning, oranye, tetapi ciri khasnya ialah bercak-bercak putih di sekitar permukaan topi jamur.

Apabila kita menemukan Amanita muscaria yang asli, hindari memakan jamur cantik ini. Efek racun bernama fly agaric dan asam ibotenat bahkan terasa dalam waktu 2-3 jam kemudian. Gejala diare, vertigo, serta muntah-muntah bisa berlanjut koma sampai kematian.

Di dalamnya jamur inipun terkandung senyawa muscimol dengan sifat halusinogen serta psikoaktif. Perpaduan kedua senyawa ini dapat mempercepat gangguan sistem saraf yang berujung halusinasi. Jikalau tertelan, kondisi mulut akan terasa kering dan irama jantung menjadi cepat.

Sampai saat ini tidak semua orang setuju jika jamur Amanita muscaria menyebabkan kematian. Meski begitu sebaiknya memang hindari saja jamur yang asli, dan sebagai gantinya lebih baik berfoto dengan replika jamur cantik ini di zona Magical Garden, Wahana The Miracle Aneh Tapi Nyata!

Berkunjung ke Wahana The Miracle Aneh Tapi Nyata

The Miracle Aneh Tapi Nyata merupakan Believe It Or Not Pertama di Indonesia, sekaligus merupakan Wahana Museum IT Modern yang Interaktif, komunikatif & edukatif.

Para pengunjung akan diajakserta berkeliling 7 zona petualangan seru di termasuk Zona Disaster, Zona Magic Garden, Zona Journey to the Galaxy, Zona Ancient Temple, Zona The Lost City, Zona The Most dan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Ohh ya, jangan lupa mengunduh aplikasi dari Google Play Store dengan kata kunci “The Miracle AR” Augmented Reality agar dapat melihat berbagai objek 3D dari seluruh zona yang berbeda di dalam ruangan museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *